Lompat ke isi utama

Berita

Penguatan Training of Trainers bagi Saksi Peserta Pemilu

Penguatan Training of Trainers bagi Saksi Peserta Pemilu

Penguatan Training of Trainers bagi Saksi Peserta Pemilu, Jakarta, 7 Februari 2024.

Jakarta, Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Utara - Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Utara mengadakan kegiatan "Penguatan Training of Trainers bagi Saksi Peserta Pemilu", yang dilaksanakan di Hotel Ibis Style Sunter, pada hari Rabu 7 Februari 2024.

Kegiatan ini terdapat pemaparan materi dari Narasumber, diantaranya :
- Bapak Moch. Dimyati (Akademi Pemilu Demokrasi) memberikan pemaparan mengenai "Peran Saksi Identifikasi Kompetensi Saksi Manajemen Pengetahuan Saksi"
- Ibu Siti Aminah memberikan pemaparan mengenai "Peran Saksi Partai Politik Sebagai Peserta Pemilu"
- Bapak Muhammad Jufri (Pegiat Pemilu) memberikan pemaparan mengenai "Peran Saksi Peserta Pemilu dan Pelanggaran Pada Pemungutan Suara Di TPS"
- Ibu Ardana Ulfa Aziz (Akademisi) memberikan pemaparan mengenai "Pemahaman Tahap Pemungutan dan Penghitungan Suara Bagi Saksi Peserta Pemilu"

Penguatan Training of Trainers bagi Saksi Peserta Pemilu

Kordiv SDMO, Nur Hamidah menyampaikan, bahwa TOT ini penting untuk memastikan para saksi parpol memahami tugas dan fungsinya dengan baik.

"Jangan sampai nanti ada pelanggaran-pelanggaran saat pungut hitung suara, jadi TOT ini tujuannya untuk meminimalisir," kata Nur Hamidah.

Lebih lanjut, Nur Hamidah menuturkan bahwa saksi parpol tidak hanya bertugas untuk menyaksikan jalannya pemungutan dan penghitungan suara, tetapi juga dapat membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan.

"Jadi saksi itu juga nanti dapat membantu Bawaslu mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dengan baik," ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan memberikan kepada Saksi Peserta Pemilu untuk bertugas menjamin pelaksanaan Pemilu serta penghitungan suara agar berlangsung jujur dan adil, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Penulis dan Foto: Alvi M

Editor: Alvi M